PLTS off grid, introduksi teknologi untuk sumber energi Mandiri bagi Komunitas AMPUH

0
165

Kegiatan Pengabdian berkaitan dengan introduksi teknologi ke masyarakat telah dilaksanakan secara berkesinambungan oleh Tim Pengabdian Masyarakat UNS ke Desa Wonorejo, dalam hal ini di khususkan bagi komunitas AMPUH yang bergerak dalam usaha budidaya ikan. Kegiatan awal telah dilaksanakan pada tahun 2022 dengan melakukan introduksi 2 alat, yaitu system pemberian makan otomatis serta alat penjernih air otomatis, kendala yang dihadapi saat itu adalah suplay energi listrik, dimana apabila terjadi mati listrik maka  alat penjernih air akan berhenti beroperasi sehingga ikan menjadi mudah mati.

Pada tahun 2023 ini, dilakukan upaya lanjutan untuk mengantisipasi hal tersebut, yaitu dengan pengembangan system pembangkit listrik tenaga surya terpusat, dimana diharapkan dapat menyuplay energi listrik untuk 2 alat yang telah diintroduksi pada tahun 2022.

Alat yang di introduksi terdiri dari Panel Surya, battery sebagai media penyimpan dan alat converter. Alat tersebut telah dibuat dan diimplementasikan ke salah satu masyarakat anggota Komunitas AMPUH pada tanggal 13 Mei 2023 dan berhasil menjadi solusi dari permasalahan yang selama ini di hadapi.

Maksum Khumaini, salah satu masyarakat yang mendapatkan hibah alat tersebut menyampaikan, dengan alat tersebut sudah tidak menjadi kendala lagi jika terjadi mati listrik, karena alat tersebut tidak menggunakan listrik dari PLN, jadi tidak takut lagi jika ikan mati karena system penjernih air yang tidak berfungsi, harapannya alat tersebut awet dan dapat berfungsi secara maksimal.

Sejalan dengan hal tersebut Dr. Fuad Anwar selaku Ketua Pengabdian memberikan apresiasi ke masyarakat yang telah menerima hibah dan berkenan unutk memanfaatkan, dengan introduksi alat tersebut diharapkan  alat tersebut benar-benar data bermanfaat bagi masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here