Pengabdian Riset Group Teori Komputasi dalam mewujudkan Desa Wonorejo menjadi Desa Digital

0
165

Desa Wonorejo merupakan Desa binaan Program Studi Fisika Fakultas MIPA, Kerjasama dalam bentuk kegiatan telah dilaksanakan sejak tahun 2018, dalam kegiatan tahun ini tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Fisika khususnya Riset Group Teori dan Komputasi mengambil tema Desa Digital.
Menurut Dr. Mohtar Yunianto selaku Ketua Pengabdian Masyarakat, bahwa Desa Wonorejo merupakan satu-satunya Desa di Kecamatan Polokarto yang tahun 2023 ini mendapatkan predikat Desa Mandiri, sehingga salah satu kegiatan dalam mewujukan Desa Mandiri adalah berkaitan dengan literasi Digital Masyarakat, sejalan dengan hal tersebut Yusuf Aziz Rahma S.Pd selaku Kepala Desa menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan karena saat yang bersamaan di Desa Wonorejo sedang di bentuk sebuah komunitas Ruang Digital Desa yang terdiri dari Karang Taruna Desa yang aktif dibidang media sosial dan internet.

Ditemui secara terpisah Abdullah Majid, S.Pd selaku Koordinator Komunitas Ruang Digital Desa Wonorejo menyampaikan bahwa Desa Wonorejo menjadi Desa Unggulan yang ditunjuk Kementerian Desa untuk menghasilkan Produk-produk Digital Desa serta mewujudkan masyarakat yang melek teknologi Digital. Gayung bersangkut akhirnya dilaksanakan beberapa kegiatan dalam mewujudkan hal tersebut, kegiatan tersebut diantaranya adalah melakukan finalisasi kepengurusan Ruang Komunitas Ruang Digital dan merancang program kerja dalam mewujudkan Desa Digital.

Kegiatan awal yang telah dilaksanakan yaitu pada tanggal 11 Mei 2023 adalah inventarisasi media sosial serta sarana publikasi online yang dimiliki Desa Wonorejo, yaitu Website Desa Wonorejo, Chanel Youtube Desa, Akun Facebook serta akun Instagram, konten-konten kemudian dibuat untuk mengisi media sosial tersebut.

Program kedepan yang dilakukan rutin adalah pelatihan dalam pengembangan konten digital yang bekerjasama dengan Mahasiwa KKN MBKM UNS 2023 yang terlibat dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat ini. Kegiatan ini diharapkan dapat menuwujudkan Desa Wonorejo menjadi Desa Mandiri berbasis Digital.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here