Upaya Prodi Fisika UNS dalam mengenalkan sains sejak dini melalui kegiatan Pelatihan alat peraga sains bagi Guru SD

0
81

Program Studi Fisika melalui Riset group Fisika Teori dan Komputasi FMIPA UNS, telah melakukan upaya pemahaman tentang sains sejak dini dengan lebih mudah dan menarik melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat bagi Guru SD di kecamatan Polokarto. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 19 Juni 2024 selama 1 hari yang bertempat di Gedung ICMA Kecamatan Polokarto, adapun  mitra dari kegiatan ini adalah  Pimpinan Cabang Muhammadiyah Blimbing Majelis Dikdasmen yang membawahi 12 Sekolah dan Madrasah,  Dosen yang telibat adalah Prof Suparmi, Prof Cari, Dr Suharyana, Dr Fuad Anwar dan Dr Mohtar Yunianto, serta 5 mahasiswa sedangkan peserta yang mengikuti kegiatan ini 24 Guru. Bentuk pengabdian yang dilakukan ini telah sesuai dan sangat terkait dengan roadmap pengembangan bidang Pengembangan Manusia dan Daya Saing Bangsa, dalam Sustainable Development Goals pengabdian ini masuk ke dalam tujuan SGDs ke 4 yaitu Quality Education.

Kegiatan P2M tersebut diawali dengan penjelasan secara teori dan konsep  berkaitan dengan materi Kelistrikan dan Kemagnetan, yang sebelumnya di lakukan pretest untuk mengetahui kemampuan dasar peserta, dari hasil pretest rerata kemampuan awal peserta 69. Kemudian lanjutkan dengan praktek pemanfaatan alat peraga kelistrikan dan kemagnetan secara mandiri dan terbimbing, peserta nampak antusias mengikuti kegiatan sampai selesai, sebelum berakhir kegiatan dilakukan posttest, diperoleh hasil rerata nilai 84, terlihat adanya peningkatan nilai yang signifikan dari pemampuan peserta.

Gambar 1. Alat peraga yang di introduksi

Gambar 2. Pelaksana Praktek menggunakan alat peraga

Setelah dilakukan kegiatan ini dari pihak mitra dan juga peserta sangat antusias sekali, dimana peserta menjadi lebih paham baik secara teori maupun parktek berkaitan dengan sains dan berusaha mengimplementasikan di Sekolah yang mereka ajar. Dalam kegiatan ini juga di lakukan pemberian hibah berupa alat peraga tersebut ke masing-maisng Sekolah untuk dapat digunakan.

Gambar 3. Foto bersama dengan peserta dan mitra